Pemberdayaan Peer Group Untuk Meningkatkan Iklim Keamanan Sekolah di Kalangan Siswa SMAN 13 Semarang
Praktik baik yang dilakukan di SMAN 13 Semarang dengan tujuan untuk memberdayakan peer group (kelompok teman sebaya) dalam menciptakan iklim keamanan sekolah menjadi lebih baik. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari kebutuhan akan lingkungan sekolah yang aman, sebagai syarat penting bagi proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Iklim keamanan yang kondusif tidak hanya membantu siswa merasa nyaman, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Dalam konteks ini, peer group (kelompok teman sebaya) dianggap sebagai elemen kunci karena interaksi dan hubungan sosial antar teman sering kali menjadi sumber dukungan dan kontrol sosial bagi siswa.
Proses kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipatif, di mana siswa dilibatkan secara langsung dalam identifikasi dan penanganan isu-isu keamanan yang mereka hadapi. Peer group (kelompok teman sebaya) diajak bekerja sama untuk mendiskusikan tantangan keamanan di lingkungan sekolah, baik yang bersifat fisik seperti ancaman kekerasan, maupun yang bersifat psikologis seperti perundungan (bullying). Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa bukan hanya menjadi penerima solusi, tetapi juga menjadi bagian dari solusi itu sendiri. Mereka dibimbing untuk aktif mencari jalan keluar, membangun solidaritas, dan saling mendukung dalam menjaga keamanan bersama.
Dampak dari praktik baik ini sangat positif. Pemberdayaan peer group (kelompok teman sebaya) berhasil memperkuat rasa kebersamaan dan tanggung jawab sosial dikalangan siswa. Selain itu, praktik ini juga terbukti mampu mengurangi insiden kekerasan dan perundungan (bullying) di sekolah, sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman yang lebih kuat di kalangan siswa. Keberhasilan ini menunjukkan betapa besar potensi peer group (kelompok teman sebaya) dalam mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang lebih baik.
Rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan ini menekankan pentingnya dukungan penuh dari pihak sekolah untuk memfasilitasi program-program berbasis peer group (kelompok teman sebaya) secara berkelanjutan. Sekolah perlu terus memberikan ruang dan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan menciptakan iklim keamanan yang positif, sehingga manfaat dari pemberdayaan ini dapat dirasakan secara jangka panjang
Praktik baik ini saya pernah saya sampaikan juga dalam acara festival transformasi pendidikan
Komentar
Posting Komentar